Sabtu, 27 November 2010

gonore





Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, tetapi juga kontak secara langsung dengan eksudat yang infektif. Penyakit ini mempunyai insidens yang tinggi dibanding penyakit menular seksual lainnya.  Walaupun angka kejadian penyakit ini sudah menurun sejak
tahun 1970an, namun hampir 800.000 kasus baru ditemukan tiap tahun di AS. Di dunia diperkirakan terdapat 200 juta kasus baru setiap tahunnya. Penyakit ini lebih sering menyerah remaja dan dewasa muda, serta lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita.

PENYEBAB

Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat menular ke orang lain melalui hubungan seksual dengan penderita. Penyakit ini juga dapat menular dari ibu ke bayinya saat melahirkan. Kita tidak akan terinfeksi gonore dari pemakaian handuk bersama maupun pemakaian toilet umum.

akibat

Infeksi penyakit gonore disebabkan oleh bakteri jahat  neisseria gonorrhoeae . gejala infeksi penyakit ini pada perempuan  umumnya  sulit sekali di deteksi. Gejalanya baru bisa terlihat 2-10 hari setelah terpapar.
Pada perempuan biasanya memberi gejala di daerah perut bagian bawah,kadang kadang disertai keputihan dengan bau yang tidak sedapvagina terasa gatal,rasa sakit bahkan panas saat mengeluarkan urin dan sering pendarahan setelah melakukan hubungan seksual. Jika pada kaum adam(laki-laki) gejalanya lebih nyata dan tampak jelas sekali seperti rasa sakit saat kencing atau ereksi dan sering mengeluarkan nanah saat kencing dan biasanya terjadi di pagi hari. Hampir mirip dengan penyakit klamidia,biasanya gonore juga bisa menyebabkan komplikasi dan biasanya berujung kemandulan.
Jika pada perempuan penyakit ini tidak segera diobati maka akan menyebabkan radang panggul yang akan menyebabkan peradangan reproduksi yang berada di panggul,pelekatan disekitar panggul,dan nyeri pada panggul hingga menahun,dan yang paling fatal adalah menyebabkan kemandulan. Kehamilan ektopik pun bisa saja terjadi. Bagi para kaum pria pun begitu,jika tidak melakukan pengobatan penyakit gonore pada laki laki juga dapat menimbulkan kemandulan. Selain dampak pada reproduksi,infeksi ini juga menginfeksi sendi,katup jantung dan atau otak.

Ancaman Kebutaan Pada Bayi akibat penyakit gonore
Gonore juga dapat menyebabkan kebutaan dan penyakit sistemik seperti meningitis dan arthritis sepsis pada bayi yang terinfeksi pada proses persalinan. Untuk mencegah kebutaan,semua bayi yang lahir di rumah sakit biasanya langsung di beri tetesan mata untuk penyakit gonore.


Pencegahan

Jangan minum minuman yang sama. Orang yang dekat harus bertemu dengan dokter dengan segera jika gejala muncul, dan mungkin perlu minum antibiotik tertentu.
 
Pengobatan

Bila menyadari mempunyai gejala-gejala seperti di atas, atau mempunyai pasangan seksual dengan gejala di atas, perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan, seperti mengambil sekret dari vagina ataupun penis untuk dianalisa.  Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Pasangan seksual juga harus diperiksa dan diobati sesegera mungkin bila terdiagnosis gonore. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual. Banyak antibiotika yang aman dan efektif untuk mengobati gonorrhea, membasmi N.gonorrhoeae, menghentikan rantai penularan, mengurangi gejala, dan mengurangi kemungkinan terjadinya gejala sisa. Pilihan utama adalah penisilin + probenesid. Antibiotik yang dapat digunakan untuk pengobatan gonore, antara lain:
     Ò      Amoksisilin 2 gram + probenesid 1 gram, peroral
     Ò      Ampisilin 2-3 gram + probenesid 1 gram. Peroral
     Ò      Azitromisin 2 gram, peroral
     Ò      Cefotaxim 500 mg, suntikan Intra Muskular
     Ò      Ciprofloxacin 500 mg, peroral
     Ò      Ofloxacin 400 mg, peroral
     Ò      Spectinomisin 2 gram, suntikan Intra Muskular
* Obat-obat tersebut diberikan dengan dosis tunggal.
Pemeriksaan dan Pengobatan Gonore
Pemeriksaan bakteri gonore dilakukan dengan sediaan langsung dengan pewarnaan gram,yang akan ditemukan gonokokkus gram negatif ataupun pengembangbiakan sekret. Pengobatan infeksi penyakit gonore biasanya dilakukan dengan pemberian antibiotik dosis tinggi, yang dipilih oleh dokter ahli dengan mempertimbangkan efektivitas,efek samping,dan biaya. Dan jika ibu hamil yang di beri antibiotik,maka dipilihlah antibiotik yang aman untuk ibu dan sang janin.. seperti apa yang dulu di katakan pepatah,mencegah lebih baik daripada mengobati memang ada benarnya dan merupakan langkah terpenting. Diharapkan jangan melakukan hubungan seksual baik vaginal,anal,dan oral dengan penderita yang terinfeksi penyakit membahayakan ini. Penggunaan kondom hanya dapat mengurangi tetapi tidak dapat menghilangkan sama sekali resiko tertular penyakit ini. Sebaiknya evaluasi dan periksalah pasangan yang akan anda ajak berkencan.

GEJALA

Masa inkubasi gonorrhea sangat singkat, pada pria umumnya berkisar antara 2-5 hari, kadang-kadang lebih lama. Pada wanita masa inkubasi sulit untuk ditentukan karena pada umumnya tidak menimbulkan gejala.
Pada pria, awalnya terdapat rasa gatal dan panas di sekitar uretra, saluran yang menghantarkan urin dari kandung kemih ke luar tubuh. Selanjutnya, terdapat rasa nyeri saat buang air kecil dan keluar sekret kental berwarna keruh dari ujung uretra yang kadang-kadang disertai darah. Bila infeksi sudah semakin lanjut, nyeri akan semakin bertambah dan sekret semakin kental dan keruh. Selain itu terdapat nyeri pada waktu ereksi dan terkadang terdapat pembesaran kelenjar getah bening di selangkangan.
Pada wanita, gejala, kalaupun ada, dapat sangat ringan sehingga penderita tidak menyadarinya. Sebanyak 30%-60% wanita penderita gonore tidak memberikan gejala. Gejala yang timbul dapat berupa nyeri saat buang air kecil, buang air kecil menjadi lebih sering, dan kadang-kadang menimbulkan rasa nyeri pada panggul bawah.  Selain itu, terdapat sekret kental dan keruh yang keluar dari vagina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar